Home » , » Cara Ternak Kambing Terlengkap

Cara Ternak Kambing Terlengkap

Cara Ternak Kambing Terlengkap - Ternak Kambing . Di Indoenesia sangatlah banyak penggemar makanan dengan olahan berbahan dasar daging kambing, mulai dari sate,gulai dan lain sebagainya. Permintaan akan ketersediaan daging kambing diberbagai daerah di Indonesia sangatlah besar . Apalaginpada saat hari raya Idhul Adha, permintaan akan ketersediaan kambing melonjak drastis . Untuk itu ini merupakan peluang usaha yang sangat menjanjikan . 

Banyak hal yang perlu diperhatikan untuk memulai bsnis ini , mulai dari perencanaan dana , ketersediaan tempat hingga persiapan awal dalam memulai ternak kambing. Untuk itu kami sajikan panduan lengkap untuk sobat dalam memulai budidaya kambing ini . 

Ternak Kambing Terlengkap

Cara Ternak Kambing Terlengkap

Jenis Kambing yang banyak dibuddayakan di Indonesia :

Kambing Kacang

  • Kambing kacang adalah kambing asli dari indonesia. Jenis kambing ini sudah tersebar di seluruh wilayah indonesia. Karakteristik dari kambing kacang yaitu memiliki badan yang kecil, telinganya pendek, punggungnya meninggi, ukuran leher pendek, betina dan jantan memiliki tanduk, ketinggian badan betina dewasa sekitar 56 cm sedangkan jantan 60-65 cm, dan bobot dewasa betina sekitar 20 kg dan jantan rata rata 25 kg.



Kambing Peranakan Etawa (PE)
  • Kambing Peranakan Etawa (PE) adalah hasil dari persilangan kambing etawa yang berasal dari india dengan kambing lokal (kambing kacang). Jenis kambing ini juga sudah tersebar di seluruh wilayah indonesia. Tampilan dari kambing ini hampir mirip dengan kambing etawa namun ukurannya lebih kecil. Kambing Peranakan Etawa (PE) memiliki dua keuntungan yaitu sebagai penghasil daging serta penghasil susu. Ciri- ciri dari kambing PE yaitu telinganya panjang dan terkulai lemas, telinganya memiliki panjang 18-30 cm, warna bulu coklat muda sampai kehitaman. Kambing PE jantan, bulu di atas leher dan pundak relatif lebih tebal dan panjang, sedangkan untuk betina bulu bagian paha panjang. Bobot kambing PE betina ± 35 kg dan jantan ± 40 kg, tinggi pundaknya 76-100 cm.



Pemilihan Bibit Unggul

Penjantan
  • Kondisi tubuhnya sehat, bisa tumbuh dengan besar sesuai dengan usia, bulunya terlihat bersih dan mengkilap, ukuran badan panjang, kakinya lurus, tidak ditemukan cacat fisik, penampilannya gagah, rumitnya tinggi, terlihat aktif dan mempunyai nafsu kawin tinggi, gampang ereksi, dan buah zakarnya normal

Betina
  • Kondisi tubuhnya sehat, bulunya terlihat bersih dan mengkilap, badannya tidak terlalu gemuk, tidak ditemukan cacat fisik, alat kelamin normal, dapat mengasuh anak dengan baik, buah susunya normal (halus dan kenyal).

Masa Perkawinan Kambing

  • Kambing sudah menginjak masa dewasa ketika berusia 6-8 bulan yang ditandai dengan mulai munculnya rasa birahi. Jumlah usianya bisa Anda ketahui dengan melihat catatan kelahiran atau dilihat dari giginya. Kambing betina siap untuk dikawinkan pada usia 10-12 bulan sedangkan untuk kambing jantan pada usia lebih dari 1 tahun.

  • Ciri-ciri kambing betina mulai minta kawin jika terlihat gelisah, pembengkakan pada alat kelamin luar ( alat kelaminnya menjadi basah, kemerahan dan hangat ), ekornya sering digerak-gerakkan, nafsu makannya berkurang, diam saja apabila dinaiki pejantan. Secara umum kondisi tersebut berlangsung sekitar 30 jam dan mempunyai siklus minta kawin sekitar 17 hari.

  • Waktu mengawinkan yang ideal yaitu 12-18 jam setelah tanda-tanda minta kawin terlihat. Hal itu dilakukan untuk mempermudah proses perkawinan dan bisa memperkecil resiko kegagalan. Tempatkan kambing pejantan dan betina dalam satu kandang dan hindari perkawinan sedarah untuk mengurangi resiko cacat genetik.

Masa Kelahiran

  • Kambing yang mau melahirkan memiliki tanda-tanda seperti tampak gelisah, kakinya menggaruk-garuk ke tanah, pinggul kambing mengendur, mengembik, ukuran kambing sangat besar dan jika dipencet mengeluarkan cairan atau kolostrum, nafsu makannya turun dan alat kelamin membengkak

Perawatan Anak Kambing

  • Terkadang kambing sehabis melahirkan kurang perhatian sama anak yang baru dilahirkan. Dekatkan indukan ke anaknya agar mau menyusui, apabila tidak mau menyusui Anda bisa membuatkan susu buatan. Susu buatan ini terbuat dari campuran susu putih, gula satu sendok teh, dan sebutir telur ayam kemudian campurkan dengan satu gelas kecil air matang. Berikan 2 kali sehari sampai indukan mau menyusui anaknya sendiri

Kambing menyusui sekitar 2,5 – 3 bulan, pada model peternakan tradisional bisa mencapai 5-6 bulan


Pendugaan Usia Kambing

Usia kambing bisa diperkirakan dari  jumlah gigi yang tumbuh :

  • keseluruhan gigi belum permanen (usia kurang dari 1 tahun)
  • 1 pasang gigi permanen (usia 1-2 tahun)
  • 2 pasang gigi permanen (usia 2-3 tahun)
  • 3 pasang gigi permanen (usia 3-4 tahun)
  • keseluruhan gigi permanen (usia 4-5 tahun)
  • 6. Pemberian Makanan Kambing

  • Pada umumnya makanan kambing terbagi menjadi dua jenis antara lain makanan hijauan dan konsentrat. Makanan hijuan adalah makanan berasal dari alam berupa rerumputan, rumput yang sengaja dibudidayakan serta daun dari kacang-kacangan. Makanan konsentrat adalah makanan yang berasal dari dedak padi atau bekatul.

  • Rumput menjadi sumber energi bagi ternak kambing, jenis rumput yang biasa diberikan ialah rerumputan alam atau rumput lapangan. Jenis-jenis rumput yang sengaja dibudidayakan untuk pakan kambing adalah  rumput setaria, clitoria ternatea, dan brachiaria. Sisa hasil pertanian bisa menjadi alternatif pengganti pakan hijauan di antaranya dedak padi, daun pepaya, kulit dan daun singkong, batang kangkung, jerami padi hingga daun jagung. Selain itu pakan kambing yang menjadi sumber protein bagi pertumbuhan kambing di antaranya daun kacang panjang, daun kacang tanah, daun gamal, daun kedelai, daun lamtoro, daun turi, dan daun kaliandra.

Perawatan Kandang kambing

  • Usahakan kandang kambing menghadap ke timur supaya memenuhi syarat kesehatan ternak. Bahan pembuat kandang haruslah kuat, murah dan mudah didapat. Sebaiknya kandang kambing dibuat panggung dan mempunyai atap serta dilengkapau dengan tempat makanan dan minum. Berikan ventilasi atau lubang angin pada dinding kandang untuk mempermudah sirkulasi udara.

  • Kandang diusahakan menghadap ke timur agar memenuhi persyaratan kesehatan hewan ternak. Bahan pembuat kandang yang dipakai haruslah kuat, murah dan tersedia di lokasi. Kandang dibuat panggung dan beratap dengan tempat makanan dan minum. Dinding-dinding kandang haruslah memiliki ventilasi (lubang angin) agar sirkulasi udara lebih baik.

Ukuran kandang kambing yang ideal :

  • Untuk Anak adalah  1 x 1,2 m  untuk 2 ekor (lepas sapih)
  • Jantan dewasa : 1,2 x 1,2 m per ekor
  • Betina dewasa :1 x 1,2 m per ekor
  • Indukan dan anak : 1,5 x 1,5 m per induk ditambah 2 anak

Kesimpulan ( Tips ) :

  • Buatlah kandang kambing, bisa terbuat dari bambu atau papan bekas yang ada di sekitar anda, manfaatkanlah semua yang ada dan disediakan oleh alam, dengan itu anda bisa menghemat biaya, dan kalau anda sudah jago pun, anda bisa menjualnya ke orang lain. 
  • Setelah membuat kandang, pilihlah jenis kambing yang akan anda ternakan. Pikirkan secara matang, anda ingin menternakan kambing untuk pedagang atau untuk produksi susu. 
  • Manfaatkan pakan Fermentasi, selain memperirit, hasilnya juga bagus buat ternak kambing anda. 
  • Manfaatkanlah internet, cari informasi sedalam-dalamnya dalam tips dan trik merawat kambing, karena internet luas, carilah pasti ada, mulai dari cara memberi makan kambing, cara membuat kambing gemu, cara menjual kambing, dan lain lain. 
  • Siapkan peralatan medis untuk kambing anda, untuk digunakan sewaktu-waktu bila kambing anda terluka, beli peralatan P3K. Siapkan pagar, berfungsi suapaya kambing anda bisa berjalan-jalan menikmati udara sejuk, supaya tidak berada di dalam kandang terus. 
  • Kawinkanlah kambing anda


Demikianlah informasi mengenai Cara Ternak Kambing Terlengkap . Kunjungi informasi lainya seperti Cara Budidaya Jamur Tiram Terlengkap . Terimakasih 

0 komentar:

Posting Komentar