Home » , » Cara Budidaya Cabe Rawit Dalam Polybag

Cara Budidaya Cabe Rawit Dalam Polybag

Cara Budidaya Cabe Rawit Dalam Polybag -  Budidaya Cabe Rawit  menggunakan media polybag merupakan salah satu alternatif yang bisa dilakukan dalam hal budidaya cabe rawit . Permintaan cabe rawit saat ini tergolong cukup besar , dan tentunya ini merupakan sebuah peluang usaha yang bisa dimanfaatkan sobat untuk mendulang pundi - pundi uang sobat .

Cabai rawit (Capsicum frutescens L.) dapat ditanam di dataran tinggi maupun rendah, pH 5-6. Tumbuh di Indonesia dan juga tumbuh di berbagai negara, populer sebagai bumbu masakan di negara-negara Asia Tenggara, dalam bahasa Inggris dikenal dengan nama Thai pepper atau bird's eye chili pepper. Buah cabai rawit berubah warnanya dari hijau menjadi merah saat matang. Meskipun ukurannya lebih kecil daripada varitas cabai lainnya, ia dianggap cukup pedas karena tingkat kepedasannya mencapai 50.000 - 100.000 pada skala Scoville (ukuran tentang pedasnya Cabai.) . Berikut ini akan kami sampaikan panduan lengkap mengenai Cara Budidaya Cabe Rawit Dalam Polybag .

Cabe Rawit Dalam Polybag

1. Pemilihan Bibit: seperti yang sudah saya katakan di atas pemilihan bibit unggul adalah salah satu cara yang baik untuk mengetahui kualitas dari benih cabe untuk memastikan bahwa benih tersebut unggul gunakan media polybag untuk mengatahui ke-unggulan bibit tersebut. berikut ini cara menanam cabe rawit menggunakan polybag:

  • Persiapkan benih cabe rawit dengan cara membeli cabe rawit secukupnya kemudian iris cabe seperti mengeiris cabe pada umumnya.
  • Setelah anda iris semua jemur cabe tadi sampai benar-benar. dan pisahkan atau bersih benih cabe dari kulitnya.
  • Setelah benar benar bersih lalu jemur lagi hingga kering ini yang dinamakan proses penyemaian.
  • Persiapkan polybag untuk kebutuhan setiap benih, isi dengan tanah di campur dengan kompos dan pasir untuk takarannya 1/3 tanah, 1/4 kompos dan 1/3 pasir, kemudian campur semuanya. masukkan dalam polybag dan siram dengan air.
  • Untuk yang terakhir masukkan benih cabe yang sudah kering tadi dua atau tiga benih per palybag.
  • Sirami polybag setiap pagi hingga benih cabe bersemi. biasanya untuk memindahkan benih cabe ini kurang lebih 3 sampai 4 minggu jika polybag yang anda gunakan cukup besar untuk polybag benih standart anda bisa pindahkan setelah umur 3 minggu.

2. Persiapan Untuk Memindahkan Bibit Cabe: untuk selanjutnya setelah proses awal anda lakukan pilih bibit yang unggul dan kira-kira subur di tanam dan pastikan bahwa cabe tidak terdapat penyakit, setelah anda mendapatkan benih unggul sekarang waktunya untuk memindahkan bibit ke dalam pot bunga caranya sebagai berikut:

  • Persiapkan dulu Pot bunga ukuran sedang dengan ukuran kurang lebih berdiameter 30cm.
  • Untuk tahap berikutnya persiapkan tanah,pasir dan kompos kurang lebih prosesnya seperti di atas yaitu 1/3 tanah. 1/4 kompos dan 1/3 pasir.
  • Setelah anda campur semua unsur tanah tersebut di atas kemudian masukkan tanah ke dalam pot. pada tahap ini beri lubang sebesar polybag, atau dengan cara memasukkan dulu benih cabe rawit tadi ke dalam pot, lepas polybag dari benih, perlu hati jangan sampai merusak akarnya dan usahakan untuk tidak membuang tanah dari polybag, pastikan untuk memasukkan benih tanah juga di ikut sertakan.
  • Setelah benih anda masukkan benih tadi masukkan juga campuran tanah yang sudah anda persiapkan, batasi tanah kurang lebih 3cm dari permukaan pot. lalu siram setiap pagi.



3. Proses Perawan Cabe Rawit dalam Pot: setelah semuanya selesai sekang cara merawat cabe rawit agar tumbuh subur di dalam pot. berikut ini cara yang harus anda lakukan:

  • Lakukan penyiraman setidaknya sekali dalam sehari semua tergantung dari musim.
  • Berikan pupuk organik untuk merangsang pertumbuhan cabe.
  • Lakukan penyemprotan bila di lihat tanaman di serang oleh hama atau ulat.
  • Pangkas daun yang sudah tua dan batang yang tidak produktif/cabang yang tidak bersemi.
  • Demikian cara menanam cabe rawit dalam pot, semua bisa anda kerjakan dengan mudah tanpa dengan perawatan ekstra. yang pasti keuntungan yang kita dapat jika melakukan proses di atas kita bisa menghemat biaya dapur dan tidak perlu atau membutuhkan lahan yang luas, namun cukup dengan pot bunga kita bisa menanam cabe rawit. dan kebanyakan cabe dalam pot akan tumbuh subur dari pada di tanam pada ladang atau sawah.
Demikianlah informasi mengenai Cara Budidaya Cabe Rawit Dalam Polybag . Kunjungi informasi menarik lainya seperti Cara Budidaya Jamur Tiram Terlengkap . Terimakasih 

0 komentar:

Posting Komentar